Minggu, 17 Mei 2015

Membuat Biodata dengan VB

Pembuatan Biodata dengan Input Box pada Visual Basic

Berikut adalah tampilan form pembuatan Biodata:

Terdapat 3 label yang digunakan dalam pembuatan form ini:
1. Label Nama
2. Label NPM
3. Label Kelas
Untuk membuat label gunakan icon Label pada toolbox di sebelah kiri lembar kerja.
Kemudian ada 3 textbox dengan nama atribut text1, text2, dan text3, masing-masing text tersebut memiliki tipe data text. Gunakan icon text box pada toolbox. Dan kemudian untuk menghapus tulisan text1 pada text box gunakan tab properties dari atribut text1 hapuslah tulisan text1 di sub menu Text.
Terdapat 2 tombol dalam form yaitu tombol dengan nama atribut command1 dan command2. Perintah menambahkan command button terdapat pada toolbox.
Gunakanlah properties untuk mengedit atribut-atribut pada form, misal pada command1 ubah caption pada propertiesnya menjadi Masukkan Data sedangkan pada command2 menjadi Keluar.




Berikut adalah tampilan listing program yang di lakukkan pada command button 1 dan 2:

Command1:
Perintah pada command1 akan dijalankan ketika di klik.
Variabel dalam program ini adalah nama, npm, kelas yang diberikan tipe data string. Pemberian perintah variabel ditandai dengan perintah Dim naman npm, kelas As String.
Kemudian perintah selanjutnya adalah pembuatan input box. Input box adalah tampilan kotak dialog yang meminta sebuah inputan, hasil inputan tersebut kemudian dijadikan nilai untuk variabel-variabel yang telah ada.
Hasil inputan pada input box kemudian akan ditampilkan pada text box, program ini dijalankan dengan perintah text1.text = nama, text2.text = npm, dan text3.text = kelas. Sehingga tampilan yang dihasilkan input box akan di tampilkan secara urut pada text box pula.
Message box adalah tampilan kotak dialog yang muncul setelah penulisan biodata selesai dilakukan. Terdapat beberapa aturan dalam penulisan message box yang mempengaruhi tampilan message box, perintah & vbCrlF berfungsi untuk mengganti baris pada tampilan message box. Lalu, + nama, + npm, dan + kelas berarti menambahkan variabel setelah penulisan kata-kata yang memang akan ditampilkan. vbInformation akan menampilkan icon huruf I pada message box yang menandakan bahwa message box tersebut merupakan pemberitahuan/informasi.
Command2:
Pada command button ini hanya ada perintah unload me yang berarti jika tombol ini di klik maka program akan berhenti merunning.


Berikut adalah tampilan ketika program berjalan:


Tampilan ini merupakan tampilan input box yang akan terjadi ketika tombol Masukkan Data di klik. Pengguna harus memasukkan sebuah nama kemudian klik OK, program akan berjalan sesuai urutan listing selanjutnya yaitu Masukkan NPM, dan Kelas. Setelah selesai memasukkan data kelas, dan mengklik OK maka akan muncul tampilan seperti berikut:


Inputan yang di masukkan pada input box akan otomatis tertulis pada text box dan akan muncul message box yang menjelaskan ulang data-data yang telah dimasukkan sebagai biodata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar