Minggu, 17 Mei 2015

Membuat Program Perhitungan Lingkaran dengan Visual Basic

Berikut adalah bentuk form yang akan dipergunakan dalam pembuatan program perhitungan luas dan keliling lingkaran:



Form yang dibuat meliputi 3 buah Label dengan caption Jari-jari, Luas, dan Keliling, 1 buah command button dan 3 buah textbox. Untuk merubah properti pada atribut-atribut tersebut gunakanlah tab properties di sebelah kanan, kita dapat merubah caption pada atribut sesuai dengan kebutuhan.

Dan berikut adalah listing program yang akan dijalankan ketika command button di klik:   



Dalam program ini ada 4 variabel yang digunakan, yaitu phi, R (Jari-jari), luas, dan keliling yang memiliki tipe data double.
Variabel R (Jari-jari) akan diberikan nilai sebagai inputbox, yang harus dimasukkan angka sebagai acuan untuk perhitungan luas dan keliling lingkaran.
Phi yang digunakan adalah 22/7, phi adalah suatu konstanta yang dibutuhkan dalam perhitungan lingkaran baik luas maupun kelilingnya. Ada 2 nilai konstanta untuk phi pada lingkaran, yaitu 22/7 dan 3.14.
Kemudian, variabel luas diberikan nilai berupa rumus perhitungan luas lingkaran yaitu phi * R * R, begitupula pada variabel keliling, diberikan nilai berupa rumus perhitungan keliling lingkaran 2 * phi * R.
Pemberian nilai pada text box berfungsi agar hasil dari inputan di masing-masing variabel akan otomatis tertulis pada text box. Oleh karena itu di masing-masing text box diberikan variabel secara urut sesuai dengan nama label pada form, yaitu variabel R untuk text box pertama, variabel luas untuk text box kedua dan variabel keliling untuk text box 3.
Terakhir adalah message box, sebuah tampilan kotak dialog yang dalam program ini akan menampilkan keterangan hasil perhitungan luas dan keliling lingkaran. Penggunaan perintah & vbCrLf & pada message box berfungsi untuk memindahkan baris, sedangkan vbInformation pada message box berfungsi untuk menampilkan icon informasi dan kotak dialog pada message box akan menampilkan judul message box “Hasil”.


Inilah hasil tampilan ketika program di running:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar